Headlines News :
Home » » BERBAGI DARI HAL YANG KECIL

BERBAGI DARI HAL YANG KECIL

Written By mikailahaninda.blogspot.com on Selasa, 15 November 2016 | 14.06

MEMBIASAKAN BERBAGI

Dewasa ini peradaban umat manusia sedang mengalami degradasi dalam berbagai aspek kehidupan. Prilaku masyarakat sekarang ini cenderung bersifat individualis, merasa dirinya seolah-olah bukan bagian dari manusia atau masalah dari yang dihadapi manusia yang lainnya. hal ini menimbulkan adanya sikap apatis terhadap berbagai masalah yang terjadi di lingkungan sekitarnya.

Hal yang demikian itu hampir terjadi di semua masyarakat baik tingkat perkampungan hingga perkotaan, baik orang dewasa bahkan hingga anak kecil. hal ini tentunya tidak dapat dibiarkan terjadi terus menerus, karena akan berdampak pada hilangga jatidiri dari manusia itu sendiri sebagai makhluk yang bergama dan makhluk sosial, yang sadar akan adanya pentingnya rasa saling membantu serta saling perduli.

Dari berbagai masalah tersebut, maka penting kiranya bagi seorang pendidik untuk menyiapkan dan membekali anak didiknya untuk menjadi manusia yang berakhlak mulia, yang memiliki rasa cinta kasih terhadap sesama dan lingkungannya, serta memiliki rasa kepedulian terhadap orang lain. maka langkah nyata yang dilakukan dalam hal ini yaitu mencoba untuk membiasakan mahasiswa untuk selalu berbagi dengan orang lain yang tidak mampu atau sedang membutuhkan bantuan. Ini diwujudkan dalam bentuk kegiatan memberikan sumbangan kepada pakir miskin dan anak yatim setiap akhir bulan atau minimal 1 kali sebulan.

Adapun proses untuk mengumpulkan bahan makanan pokok yang digunakan untuk memberikan sumbangan tersebut, itu dilakukan dengan cara setiap kali mahasiswa menanak nasi, mereka menyisihkan sekitar 1/2 hingga 1 gelas, yang kemudian dikumpulkan setiap mahasiswa menjadi satu tiap akhir bulannya. Selanjutnya baru kemudia mahasiswa membagi dirinya menjadi beberapa kelompok untuk mengantarkan sumbangannya langsung kepada masyarakat yang membutuhkan.

Inilah beberapa dokumentasi kegiatan mahasiswa pada tahap pertama yaitu di tiga lokasi yang berbeda;






Kegiatan ini diharapkan dapat membiasakan mahasiswa untuk selalu berbagi dan perduli terhadap orang lain, dan semoga kegiatan ini akan menjadi awal yang baik dan berkelanjutan dari mahasiswa, khususnya mahasiswa kelas 1.B UNIVERSITAS HAMZANWADI

"Berbagi tidak mesti harus menunggu jadi kaya dan banyak uang, sebab berbagi itu tidak tergantung pada keduanya, akan tetapi bergantung pada kemauan dan keikhlasan"











Share this article :

0 komentar:

 
Support : Berbagi | AULIA | Mikaila
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. DARIKU UNTUKMU - All Rights Reserved