Headlines News :
Home » » Pedoman Praktik Pengembangan Bahan Ajar IPS

Pedoman Praktik Pengembangan Bahan Ajar IPS

Written By mikailahaninda.blogspot.com on Selasa, 14 Mei 2019 | 12.35





PENDAHULUAN


Mata kuliah Pengembangan Bahan Ajar IPS SD ini salah satu mata kuliah wajib yang harus ditempuh mahasiswa PGSD Universitas Hamzanwadi yaitu pada semester genap (IV). Dalam menempuh mata kuliah ini selama satu semester, mahasiswa dituntut untuk menyelesaikan beberapa tugas terkait dengan materi Pengembangan Bahan Ajar IPS SD, salah satunya yaitu berupa tugas akhir perkuliahan dalam bentuk Pengembangan Bahan Ajar IPS SD dalam bentuk Bahan Ajar Komik Pembelajaran untuk jenjang pendidikan Sekolah Dasar.
Dalam tugas akhir tersebut, mahasiswa dituntut untuk mampu mengembangkan bahan ajar berupa komik pembelajaran yang menarik dan sesuai untuk usia pendidikan sekolah dasar. Hal ini dimaksudkan agar mahasiswa nantinya ketika selesai menempuh perkuliahan di Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar dan menjadi guru, mereka mampu mengembangkan bahan pembelajaran yang lebih kreatif, inovatif, dan menyenangkan bagi siswa yang akan menggunakannya untuk belajar.
Mengapa tugas akhir dalam mata kuliah Pengembangan Bahan Ajar ini yaitu berupa Komik Pembelajaran? Tentunya pemberian tugas akhir ini didasarkan pada beberapa pertimbangan terkait dalam upaya mengembangkan potensi dan keterampilan yang dimili mahasiswa, antara lain yaitu: Pertama, terampil menggambar, mahasiswa pendidikan guru sekolah dasar merupakan mahasiswa yang disiapkan untuk menjadi guru pada jenjang pendidikan sekolah dasar, oleh karena itu salah satu keterampilan yang harus dimiliki yaitu keterampilan menggambar. Dengan adanya tugas pengembangan bahan ajar komik pembelajaran ini, diharapkan mahasiswa mampu mengembangkan potensinya dalam hal ini yaitu keterampilan menggambar; Kedua, terampil dalam menyususn sebuah cerita pembelajaran, mahasiswa nantinya setelah lulus dan menjadi guru di sekolah dasar, mereka akan menjadi guru kelas, oleh karena itu mereka juga harus mampu mengembangkan potensi lain terkait dengan dunia pendidikan yaitu keterampilan dalam menyusun sebuah cerita yang di dalamnya terdapat materi pembelajaran yang dapat dengan mudah dipahami oleh siswa; Ketiga, mampu bekerja sama (Tim Work), saat menjadi guru nantinya mahasiswa diharapkan mampu berkerja secara tim, terutama dalam menghadapi kendala terkait dengan kegiatan pembelajaran, dengan mereka terampil dalam bekerja sama ini tentunya akan membuat mereka dapat lebih maksimal dalam melaksanakan tugasnya sebagai seorang guru yang professional.
Dalam menyelesaikan tugas akhir ini mahasiswa perlu diberikan pedoman praktik yang dapat dijadikan sebagai acuan dalam menyelesain tugas yang diberikan. Hal ini penting untuk menghindari adanya kebingungan dari mahasiswa tentang bentuk dan  sistematika penyelesaian tugas yang diberikan.
Dalam pedoman praktik ini, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh mahasiswa yaitu:
1.      Persiapan awal
2.      Proses pengembangan
3.      Alat dan bahan
4.      Penilaian
5.      Waktu pengumpulan tugas



  
DAFTAR ISI

PENDAHULUAN …………………………………………………………………….
ISI PEDOMAN PRAKTIK ………………………………………………………….
1.      PERSIAPAN AWAL …………………………………………………….. .   1
2.      PROSES PENGEMBANGAN ……………………………………..….....    1
3.      ALAT DAN BAHAN ……………………………………………….……..    2
4.      PENILAIAN …………………….…………………………………………    2
5.      WAKTU PENGUMPULAN TUGAS ……………………………….........    3








PEDOMAN PRAKTIK
MATA KULIAH PENGEMBANGAN BAHAN AJAR IPS SD

1.      Persiapan Awal
Sebelum memulai kegiatan pengembangan tugas akhir pengembangan bahan ajar komik pembelajaran, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan oleh mahasiswa antara lain yaitu:
1)      Menyiapkan silabus materi pembelajaran untuk jenjang pendidikan guru sekolah dasar
2)      Mencari materi yang sesuai dengan tema yang telah ditentukan sebelumnya
3)      Membuat rancangan desain komik yang akan dikembangkan, seperti menentukan alur ceritanya, tokoh karakter yang akan digunakan dan desain koper.

2.      Proses Pengembangan
Tahapan selanjutnya yang dikerjakan mahasiswa yaitu proses pengembangan bahan ajar komik pembelajaran. Dalam hal ini ada beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh mahasiswa antara lain yaitu:
1)      Menganalisis SK KD, Tujuan pembelajaran, dan Indikator pembelajaran yang ada di silabus
2)      Menyusun materi percapakan yang akan dimasukkan dalam komik pembelajaran yang akan dibuat
3)      Membuat desain gambar komik yang akan dituangkan dalam buku komik pembelajaran yang akan dibuat
4)      Menyesuaikan materi percakapan dengan gambar yang sudah disusun
5)      Menyelesaikan pewarnaan dan tampilan gambar yang sudah dibuat
6)      Finishing dan pencetakan

3.      Alat dan Bahan
1.      Alat tulis (pensil warna)
2.      Kertas ukuran A4
3.      Laptop/computer
4.      Alat percetakan (Printer)
5.      CD kosong (untuk soft file)

4.      Daftar Isi
1)      Kompetensi Inti
2)      Kompetensi Dasar
3)      Indikator
4)      Tujuan Pembelajaran
5)      Isi Komik Pembelajaran
6)      Evaluasi
7)      Daftar Pustaka

5.      Penilaian
Dalam pengembangan tugas akhir ini, ada beberapa kriteria penilaian yang dipergunakan yaitu:
1)      Tampilan menarik (25%)
2)      Kesesuaia isi dengan tema (50%)
3)      Alur ceritanya (25%)

6.      Waktu Pengumpulan Tugas
Adapun pengumpulan tugas akhir pengembangan komik pembelajaran ini yaitu satu hari sebelum pelaksanaan UAS mata kuliah pengembangan bahan ajar IPS SD dalam bentuk buku yang sudah di cetak dan dalam bentuk file CD.



Share this article :

0 komentar:

 
Support : Berbagi | AULIA | Mikaila
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. DARIKU UNTUKMU - All Rights Reserved