Headlines News :
Home » » PERKEMBANGAN KURIKULUM IPS

PERKEMBANGAN KURIKULUM IPS

Written By mikailahaninda.blogspot.com on Selasa, 23 Oktober 2018 | 10.46


RANGKUMAN MATERI PERKULIAHAN PERTEMUAN 3

1.      IPS disebut sebagai bidang keilmuan yang sangat dinamis, karena mempelajari  keadaan  masyarakat  yang  cepat  perkembangannya.

2.      Pengembangan  kurikulum  IPS  merupakan  jawaban  dari  tuntutan  kebutuhan masyarakat  yang  akan  mempelajarinya.  Perkembangan  kurikulum  IPS tampak mulai dari istilah yang digunakan pada setiap kurikulum, struktur kurikulum,  dan  isi  materi  yang  dimuat  dalam  setiap  kurikulum,  serta pendekatannya.

3.      Pada  Kurikulum  Tahun  1964  sampai  1968  digunakan  istilah  kurikulum pendidikan  ilmu-ilmu  sosial,  dengan  struktur  kurikulum  mata  pelajaran kelompok  dasar  dan  kelompok  cipta  atau  kelompok  khusus  untuk kurikulum  tingkat  MA/SMA  .  Mulai  Kurikulum  1975  sampai  1994 menggunakan istilah IPS untuk penamaan kurikulum pada setiap jenjang, dengan struktur mata pelajaran inti dan tambahan untuk kurikulum MA/MA/SMA

4.      Isi materi yang dipelajari pada setiap kurikulum juga mengalami perkembangan. Pada Kurikulum Tahun 1964 – 1968, materi yang termuat dalam  kurikulum  IPS  meliputi  sejarah,  geografi,  ekonomi  dan  civics   atau pendidikan  moral  Pancasila  atau  PPKn,  sedangkan  untuk  Kurikulum  Tahun 1975  kurikulum  IPS  memuat  materi-materi  ilmu  sosial:  sejarah,  geografi, ekonomi koperasi, PPKn, dan tata buku dan hitung dagang untuk jenjang pendidikan  menengah  (MA/SMA).  Pada  kurikulum  1994  muatan  materi kurikulum  IPS  untuk  jenjang  pendidikan  menengah  mengalami perkembangan  dengan  dimuatnya  mata  pelajaran  sosiologi,  antropologi, dan politik dengan pendekatan yang terpisah

5.      Pengembangan  kurikulum  ilmu-ilmu  sosial  menjadi  IPS  sejak  tahun  1975 dilatarbelakangi oleh dua hal penting, yakni sejarah atau pengalaman hidup masyarakat yang labil dimasa lalu dan laju perkembangan teknologi ke depan yang perlu disikapi agar peserta didik yang dihasilkan relevan dengan kondisi  yang  akan  dihadapi  dalam  masyarakatnya.


Share this article :

0 komentar:

 
Support : Berbagi | AULIA | Mikaila
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. DARIKU UNTUKMU - All Rights Reserved