RANGKUMAN MATERI PERKULIAHAN
PERTEMUAN 3
1. IPS disebut
sebagai bidang keilmuan yang sangat dinamis, karena mempelajari keadaan
masyarakat yang cepat
perkembangannya.
2. Pengembangan kurikulum
IPS merupakan jawaban
dari tuntutan kebutuhan masyarakat yang
akan mempelajarinya. Perkembangan
kurikulum IPS tampak mulai dari
istilah yang digunakan pada setiap kurikulum, struktur kurikulum, dan
isi materi yang
dimuat dalam setiap
kurikulum, serta pendekatannya.
3. Pada Kurikulum
Tahun 1964 sampai
1968 digunakan istilah
kurikulum pendidikan
ilmu-ilmu sosial, dengan
struktur kurikulum mata
pelajaran kelompok dasar dan
kelompok cipta atau
kelompok khusus untuk kurikulum tingkat
MA/SMA . Mulai
Kurikulum 1975 sampai
1994 menggunakan istilah IPS untuk penamaan kurikulum pada setiap
jenjang, dengan struktur mata pelajaran inti dan tambahan untuk kurikulum
MA/MA/SMA
4. Isi materi
yang dipelajari pada setiap kurikulum juga mengalami perkembangan. Pada
Kurikulum Tahun 1964 – 1968, materi yang termuat dalam kurikulum
IPS meliputi sejarah,
geografi, ekonomi dan civics
atau pendidikan moral
Pancasila atau PPKn,
sedangkan untuk Kurikulum
Tahun 1975 kurikulum IPS
memuat materi-materi ilmu
sosial: sejarah, geografi, ekonomi koperasi, PPKn, dan tata
buku dan hitung dagang untuk jenjang pendidikan
menengah (MA/SMA). Pada
kurikulum 1994 muatan
materi kurikulum IPS untuk
jenjang pendidikan menengah
mengalami perkembangan
dengan dimuatnya mata
pelajaran sosiologi, antropologi, dan politik dengan pendekatan
yang terpisah
5. Pengembangan kurikulum
ilmu-ilmu sosial menjadi
IPS sejak tahun
1975 dilatarbelakangi oleh dua hal penting, yakni sejarah atau
pengalaman hidup masyarakat yang labil dimasa lalu dan laju perkembangan
teknologi ke depan yang perlu disikapi agar peserta didik yang dihasilkan
relevan dengan kondisi yang akan
dihadapi dalam masyarakatnya.
0 komentar:
Posting Komentar