PENDAHULUAN
Mata kuliah Pengembangan Bahan Ajar IPS SD ini salah satu
mata kuliah wajib yang harus ditempuh mahasiswa PGSD Universitas Hamzanwadi
yaitu pada semester genap (IV). Dalam menempuh mata kuliah ini selama satu
semester, mahasiswa dituntut untuk menyelesaikan beberapa tugas terkait dengan
materi Pengembangan Bahan Ajar IPS SD, salah satunya yaitu berupa tugas akhir
perkuliahan dalam bentuk Pengembangan Bahan Ajar IPS SD dalam bentuk Bahan Ajar
Komik Pembelajaran untuk jenjang pendidikan Sekolah Dasar.
Dalam tugas akhir tersebut, mahasiswa dituntut untuk mampu
mengembangkan bahan ajar berupa komik pembelajaran yang menarik dan sesuai
untuk usia pendidikan sekolah dasar. Hal ini dimaksudkan agar mahasiswa
nantinya ketika selesai menempuh perkuliahan di Program Studi Pendidikan Guru
Sekolah Dasar dan menjadi guru, mereka mampu mengembangkan bahan pembelajaran
yang lebih kreatif, inovatif, dan menyenangkan bagi siswa yang akan
menggunakannya untuk belajar.
Mengapa tugas akhir dalam mata kuliah Pengembangan Bahan Ajar
ini yaitu berupa Komik Pembelajaran? Tentunya pemberian tugas akhir ini
didasarkan pada beberapa pertimbangan terkait dalam upaya mengembangkan potensi
dan keterampilan yang dimili mahasiswa, antara lain yaitu: Pertama, terampil menggambar, mahasiswa pendidikan guru sekolah
dasar merupakan mahasiswa yang disiapkan untuk menjadi guru pada jenjang
pendidikan sekolah dasar, oleh karena itu salah satu keterampilan yang harus
dimiliki yaitu keterampilan menggambar. Dengan adanya tugas pengembangan bahan
ajar komik pembelajaran ini, diharapkan mahasiswa mampu mengembangkan
potensinya dalam hal ini yaitu keterampilan menggambar; Kedua, terampil dalam menyususn sebuah cerita pembelajaran, mahasiswa
nantinya setelah lulus dan menjadi guru di sekolah dasar, mereka akan menjadi
guru kelas, oleh karena itu mereka juga harus mampu mengembangkan potensi lain
terkait dengan dunia pendidikan yaitu keterampilan dalam menyusun sebuah cerita
yang di dalamnya terdapat materi pembelajaran yang dapat dengan mudah dipahami
oleh siswa; Ketiga, mampu bekerja
sama (Tim Work), saat menjadi guru nantinya mahasiswa diharapkan mampu berkerja
secara tim, terutama dalam menghadapi kendala terkait dengan kegiatan
pembelajaran, dengan mereka terampil dalam bekerja sama ini tentunya akan
membuat mereka dapat lebih maksimal dalam melaksanakan tugasnya sebagai seorang
guru yang professional.
Dalam menyelesaikan tugas akhir ini mahasiswa perlu diberikan
pedoman praktik yang dapat dijadikan sebagai acuan dalam menyelesain tugas yang
diberikan. Hal ini penting untuk menghindari adanya kebingungan dari mahasiswa
tentang bentuk dan sistematika
penyelesaian tugas yang diberikan.
Dalam pedoman praktik ini, terdapat beberapa hal yang perlu
diperhatikan oleh mahasiswa yaitu:
1.
Persiapan
awal
2.
Proses
pengembangan
3.
Alat
dan bahan
4.
Penilaian
5.
Waktu
pengumpulan tugas
DAFTAR ISI
PENDAHULUAN
…………………………………………………………………….
ISI PEDOMAN PRAKTIK
………………………………………………………….
1.
PERSIAPAN AWAL
…………………………………………………….. . 1
2.
PROSES PENGEMBANGAN
……………………………………..…..... 1
3.
ALAT DAN BAHAN ……………………………………………….…….. 2
4.
PENILAIAN …………………….………………………………………… 2
5.
WAKTU PENGUMPULAN TUGAS
………………………………......... 3
PEDOMAN PRAKTIK
MATA KULIAH PENGEMBANGAN BAHAN AJAR
IPS SD
1.
Persiapan Awal
Sebelum memulai kegiatan pengembangan
tugas akhir pengembangan bahan ajar komik pembelajaran, ada beberapa hal yang
perlu dipersiapkan oleh mahasiswa antara lain yaitu:
1)
Menyiapkan
silabus materi pembelajaran untuk jenjang pendidikan guru sekolah dasar
2)
Mencari
materi yang sesuai dengan tema yang telah ditentukan sebelumnya
3)
Membuat
rancangan desain komik yang akan dikembangkan, seperti menentukan alur
ceritanya, tokoh karakter yang akan digunakan dan desain koper.
2.
Proses Pengembangan
Tahapan selanjutnya yang dikerjakan mahasiswa yaitu proses pengembangan
bahan ajar komik pembelajaran. Dalam hal ini ada beberapa hal yang perlu
diperhatikan oleh mahasiswa antara lain yaitu:
1)
Menganalisis
SK KD, Tujuan pembelajaran, dan Indikator pembelajaran yang ada di silabus
2)
Menyusun
materi percapakan yang akan dimasukkan dalam komik pembelajaran yang akan
dibuat
3)
Membuat
desain gambar komik yang akan dituangkan dalam buku komik pembelajaran yang
akan dibuat
4)
Menyesuaikan
materi percakapan dengan gambar yang sudah disusun
5)
Menyelesaikan
pewarnaan dan tampilan gambar yang sudah dibuat
6)
Finishing
dan pencetakan
3.
Alat dan
Bahan
1.
Alat
tulis (pensil warna)
2.
Kertas
ukuran A4
3.
Laptop/computer
4.
Alat
percetakan (Printer)
5.
CD
kosong (untuk soft file)
4.
Daftar Isi
1)
Kompetensi
Inti
2)
Kompetensi
Dasar
3)
Indikator
4)
Tujuan
Pembelajaran
5)
Isi
Komik Pembelajaran
6)
Evaluasi
7)
Daftar
Pustaka
5.
Penilaian
Dalam pengembangan tugas akhir ini,
ada beberapa kriteria penilaian yang dipergunakan yaitu:
1)
Tampilan
menarik (25%)
2)
Kesesuaia
isi dengan tema (50%)
3)
Alur ceritanya (25%)
6.
Waktu Pengumpulan
Tugas
Adapun pengumpulan tugas akhir
pengembangan komik pembelajaran ini yaitu satu hari sebelum pelaksanaan UAS
mata kuliah pengembangan bahan ajar IPS SD dalam bentuk buku yang sudah di
cetak dan dalam bentuk file CD.
0 komentar:
Posting Komentar